Friday, March 22, 2013

Kopi Keliling #7

Kindly come and apreciate my artwork on Kopi Keliling #7, my friends, Rega, Resatio, and Diani will join the exhibition too, come comeeee! :)
click here for more info about Kopi Keliling.

And here's my artwork for Kopi Keliling #7

"Sajian Kematian" ,34 cm x 44 cm, mixed media on wood, 2013

"Dalam Kepercayaan 3 Dunia, mereka mengenal adanya Dunia Atas, Dunia Tengah dan Dunia Bawah. Dunia Atas atau dunia transenden , sering disimbolkan oleh hewan terbang bersayap, misalnya merak atau burung, Dunia Atas ini  disimbolkan dengan warna putih atau kuning. Dunia Tengah atau dunia dimana manusia hidup sering disimbolkan dengan tumbuhan, pohon, atau kayu kayuan, Dunia Tengah ini disimbolkan dengan warna merah atau coklat. Dunia Bawah atau dunia kematian, disimbolkan dengan warna hitam dan warna gelap lainnya.
Pemakaian simbol dan warna tersebut, berdampak pula pada makanan dan minuman tradisional Indonesia yang disuguhkan pada ritual tertentu, misalnya bubur merah dan bubur putih yang sering muncul pada ritual lahiran , nasi tumpeng (berbentuk segitiga dan berwarna kuning) yang sering muncul pada ritual syukuran, dan kopi (warna hitam) yang sering disuguhkan ketika seseorang meninggal dunia.
Untuk karya pada acara Kopi Keliling , saya ingin menceritakan kembali sejarah sistem kepercayaan 3 Dunia pada masa pra modern Indonesia melalui karya saya. Karya saya yang berjudul Sajian Kematian”  berbicara tentang kopi sebagai symbol kematian sementara penggunaan media kayu sebagai simbol manusia."




No comments:

Post a Comment